Laman

Selasa, 12 Juli 2011

TERASI BELACAN dari MUARA GEMBONG

Di kecamatan Muara gembong ada sebuah kampung tempat pembuatan dan pengolahan trasi belacan rumahaan tepatnya di kp. belacan desa pantai mekar kec. Muara gembong Kab. Bekasi. disana juga terdapat sungai pasang surut yang besar bernama sungai belacan yang banyak menghasilkan ikan sembilang dan udang belacan. Di kampung tersebut terutama ibu-ibu rumah tangganya  diwaktu luangnya banyak dipergunakan untuk membuat terasi terutama terasi belacan karena hasil tangkapan udang belacan banyak terdapat disana. 
Udang belacan adalah udang yang sangat kecil lebih kecil lagi dari udang rebon mungkin ini anaknya udang rebon...he..he.., nduduk setempat menyebutnya udang jembret, pepanjangnya kurang lebih 5 mm dan lebarnya 1 mm berwarna putih, Meraka hidupnya berkelompok dan biasanya berada dipinggir tambak menyusuri galengan ataw pematang tambak. Untuk menangkap udang belacan ini dipergunakan tanggok atau glewang dengan serat jaring yang rapat biasanya ibu-ibu disana menggunakan kain bekas kelambu. Mereka bisa menangkap 1 sampai 2 kg per harinya tapi udang belacan ini laku untuk dijual begitu saja oleh karena itu mereka mengolahnya menjadi terasi.
Terasi belacan adalah terasi yang dibuat dengan bahan dasar udang belacan. yang diolah menjadi terasi dengan cara sebagai berikut :
1. bahan : 

- udang belacan kering (udang belacan yang sudah dijemur dan sudah cukup kering airnya), 
- garam secukupnya biasanya banyak nih, 
- asam jawa dan bumbu lainya.
2. Pengolahan :
- tumbuk udang belacan sampai halus disini menggunakan alat tradisional alu dan lelenjing
- tambahkan garam dan bumbu lainya.
- tumbuk sampai merata dan benar - benar halus
- setelah halus dan merata kemudian bentuk seperti seperti bola gepeng dengan ukuran 0,5 - 1 kg
- kemudian jemur kembali sampai benar-benar kesat 
sudah jadi terasinya...
selamat mencoba deh....

1 komentar:

  1. ada yang jual dipasaran gak mas..?
    kayaknya kepengen nyicipin neh...dulu waktu tinggal di belacan nggak pernah bikin terasi ...hehe...

    BalasHapus