Laman

Senin, 31 Oktober 2011

FAKTA ORANG SUKA ROKOK

Banyak orang yang bertanya-tanya apa sich enaknya rokok? dan kenapa orang suka merokok?
Mungkin itu salah satu pertanyaan yang wajib anda jawab. Fakta-fakta mengenai efek buruk merokok sudah jelas: 1 dari 10 orang dewasa meninggal akibat penyakit yang berkaitan dengan rokok. Sekitar 5 juta per tahun jumlahnya. Itu data menurut WHO.

Larangan-larangan merokok sudah dikeluarkan oleh pemerintah di berbagai belahan dunia. Pajak untuk rokok dan produk tembakau lain sudah ditinggikan. Tetapi, kenapa orang tetap merokok?

Godaan merokok sudah hadir sejak seseorang masih muda, bahkan sekarang anak sudah mulai ikut-ikutan mengkonsumsi yang namanya rokok. Tekanan dari teman-teman adalah salah satu penyebab utama. Di Kanada, 70 persen anak-anak yang merokok mengaku terpengaruh oleh teman-teman mereka yang sudah merokok lebih dulu. Anak-anak muda itu merasa mendapat "penghargaan sosial" ketika mereka merokok.

Berbagai tempat tongkrongan dimana saja pasti sering kita temui orang yang merokok, bahkan tak jarang kita juga lihat cewek juga ikutan merokok dengan terangnya. Mungkin juga sama biar di bilang gaul mengikuti mode era sekarang ini, dan saat ini merokok sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan, tapi disisi lain banyak pendapat yang menyatakan merokok itu haram, ada juga yang menyatakan rokok itu makruh. Bila dikaji lebih dalam, sebenarnya merokok itu lebih banyak manfaatnya atau kerugiannya? hanya pribadi kita yang tau..

"Ada perasaan diterima di komunitas saat mereka bertanya,'boleh minta api?'," demikian ungkap sebuah penelitian oleh Teen Drug Abuse. Selain itu, ada juga tingkah laku anak muda yang senang dengan kegiatan berisiko tinggi.

Orang tua juga memiliki pengaruh pada anak-anak dalam hal merokok, khususnya orang tua perokok. Beberapa penelitian--meskipun mungkin sebetulnya sudah jelas--membuktikan bahwa anak-anak dari orang tua perokok lebih besar kemungkinannya untuk mengisap "batang tembakau" ketimbang anak-anak dari orang tua non-perokok. Orang tua non-perokok juga bisa dianggap bersalah ketika membiarkan anak-anak mereka menonton film atau video yang menampilkan orang merokok.

Media massa bisa mengaburkan pesan bahaya merokok dengan menampilkan iklan, film, atau media lain yang menunjukkan kalau merokok itu keren, bagian dari gaya, bahkan menyiratkan pesan bahwa merokok itu baik bagi kesehatan. Belum lagi ada anggapan bahwa rokok ringan dengan embel-embel "light" atau "mild" memiliki tingkat bahaya yang rendah. Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Addiction menyebutkan kalau 1 dari 5 perokok menganggap merek tertentu lebih aman daripada merek lain. Science Daily menyebutkan bahwa rokok, dengan dan tanpa klaim ringan, memiliki bahaya yang sama.

Beberapa studi menghubungkan kecanduan, termasuk kecanduan nikotin, dengan genetika. Tetapi hal ini masih harus didukung oleh faktor lain, seperti lingkungan, sosial, dan kesehatan.

Alasan lain bagi orang untuk merokok adalah alasan medis. Memang tidak ada dokter yang menyarankan orang untuk merokok, tetapi bagi beberapa penderita depresi, merokok adalah obat bagi mereka untuk mengurangi ketegangan. Nikotin melepaskan senyawa tertentu ke dalam sistem saraf dan menciptakan efek tenang. Berdasarkan hasil surve di situs jejaring sosial, beberapa pendapat yang di ungkapkan yaitu orang yg merokok karena pengaruh lingkungan perokok, berawal dari iseng lama-lama ketagihan, ikut-ikutan teman karena gak pengen dibilang cemen", karena merokok sebuah kenikmatan personal dalam satu proses menuju alam transisi kenimatan tertinggi.

Waktu yang sering digunakan untuk merokok yaitu sehabis makan, sebelum tidur, pulang sekolah, mau beraktifitas, setelah beraktifitas, nongkrong di kamar kecil, nongkrong di angkringan dan yang paling sering adalah ketika orang sedang mempunyai masalah. Dan masih banyak lagi cara orang menikmati sebatang rokok dengan rasa yang berbeda-beda sesuai dengan cita rasa rokok itu sendiri.

Mitos-Mitos Merokok sebagai Justifikasi:


Dengan merokok saya terlihat macho/sexy
Pabrik rokok mengharapkan anda berpikir seperti itu. Mungkin awalnya memang iya, tapi tunggu saja… Merokok dapat menimbulkan kulit keriput dan gigi kuning. Merokok juga berkontribusi pada osteoporosis atau pengeroposan tulang. Dan yang lebih penting, merokok dapat menyebabkan impotensi. Apa itu yang namanya macho/sexy?

Hanya satu rokok sehari kok
Merokok tidaklah aman sekalipun hanya 1 rokok dalam sehari. Setiap rokok mengandung sekitar 1 sampai 2 miligram nikotin yang dapat mencapai otak setelah 10 detik dihirup. Segera setelah tiupan pertama adrenalin akan sibuk meningkatkan tekanan darah, denyut jantung dan nafas anda.

Berhenti merokok bisa membuat saya gemuk
Bertambanya berat badan banyak dialami orang yang mencoba berhenti merokok. Hal ini terjadi karena kebiasaan menghisap rokok kini berganti dengan makan. Namun dengan merencanakan diit gizi yang sehat dan meningkatkan aktivitas akan membantu kita memecahkan masalah ini. Bahkan, dengan olahraga, tidak hanya masalah berat badan saja yang dapat diatasi, namun stamina dan kapasitas paru yang hilang ketika merokok juga dapat dikembalikan.

Merokok tidak melukai orang lain selain diri sendiri
Salah! Bila merokok di sekitar orang lain, anda telah menyakit mereka terutama yang memiliki asma, penyakit jantung, alergi atau anak-anak. Perokok pasif juga mempunyai resiko yang meningkat seperti pada perokok aktif.

Merokok pasif lebih berbahaya dari perokok aktif, maka merokok lah
hehe..terkesan memang sangat meyakinkan, tapi silahkan lihat kembali, apakah memang seperti itu kah, jika anda perokok pasif, maka ada seorang perokok aktif berbicara seperti itu diatas, maka silahkan berpikir kembali, apakah itu memang benar, ataukah itu hanya JUSTIFIKASI mereka yang merokok untuk mengajak lebih banyak orang untuk merokok.

Merokok dapat memperbaiki mood
Beberapa orang percaya rokok dapat menambah semangat, namun itu dapat menurunkan moodmu. Jika anda sedang down atau depresi, rokok dapat menempatkan anda pada resiko yang lebih tinggi untuk depresi, hiperaktivitas, dan attention deficit disorder. Seperti pada penelitian terbaru disebutkan, remaja yang merokok memiliki resiko 4 kali yang lebih besar untuk mengalami depresi dari remaja yang tidak merokok.

Merokok dapat membuat Belajar jadi lebih mudah
Nah...ini lebih parah lagi, kenapa saya sebut lebih parah, karena bisa saja ini digunakan oleh mereka perokok aktif untuk mengajak anak2 dibawah umur untuk merokok, dengan alasan agar mereka lebih cerdas atau pintar.. padahal, dengan merokok membuat saluran darah menjadi tersumbat, dan aliran darah ke Otak menjadi tidak baik..

dan ada banyak lagi alasan2 mereka sang perokok aktif untuk mengajak mereka yang tidak merokok untuk merokok bersama mereka.. padahal, dibungkus rokok telah disebutkan,

Berikut beberapa penuturan orang yang suka merokok:

1. Perokok pasif lebih berbahaya dari pada perokok aktif, maka untuk mengurangi resiko tersebut aktiflah merokok.

2. Berbuat amal kebaikan; kalau ada orang yang mau pinjam korek api paling tidak sudah siap / tidak mengecewakan orang yang ingin meminja.

3. Baik untuk basa-basi / keakraban; Kalau ketemu orang misalnya di Halte kita bisa tawarkan rokok. Kalau basa-basinya nawarin uang kan bisa boros

4. Memberikan lapangan kerja bagi buruh rokok, dokter, pedagang asongan, pembuat asbak, pabrik kemasan dan perusahaan obat batuk.

5. Menghilangkan bau wangi-wangian ruang bagi yang alergi bau parfum.

6. Menghindarkan dari perbuatan jahat karena tidak pernah ditemui orang yang membunuh, mencuri dan berkelahi sambil merokok.

7. Mengurangi resiko kematian; dalam berita tidak pernah ditemui orang yang meninggal dalam posisi merokok.

8. Kalau mobil mogok karena busi ngadat tidak ada api, maka sudah siap api.

9. Untuk indikator kesehatan; biasanya orang yang sakit pasti dilarang dulu merokok. Jadi yang merokok itu pasti orang sehat.

10. Membantu meramaikan program KB. Karena merokok dapat menyebabkan impoten.

11. Menambah kenikmatan: sore hari minum kopi dan makan pisang goreng sungguh nikmat. Apalagi ditambah merokok !

12. Membuat Cowok-cowok tambah ganteng,, karena ada pantunnya tuh (Ayam Berkokok Di atas Genteng, Yang Enggak Merokok tidak ganteng)

13. Anti maling, suara perokok batuk berat di malam hari mujarab untuk mengusir penjahat.

14. Membantu shooting film keji, rokok digunakan penjahat buat nyundut jagoan yang terikat di kursi "hahaha penderitaan itu pedih Jendral..!!!

15. Film cowboy pasti lebih macho kalo ngerokok sambil naik kuda, soalnya kalo sambil ngemut permen kesannya malah imut..

16. Membuat awet muda, karena konon orang yang perokok berat belum sampai tua udah mati duluan kena kanker paru-paru. Fakta lain sekitar 30% orang meninggal di dunia adalah perokok. 70%-nya bukan perokok..!! Maka merokoklah agar masuk ke golongan yg lebih sedikit itu.

Perokok juga sering mengatakan bahwa merokok memperbaiki suasana perasaan mereka, mengurangi tekanan,dan mengurangi perasaan depresif. Beberapa wanita menyukai rokok di antaranya karena dapat menekan nafsu makan dan mengurangi berat badan.

Salah satu yang menarik walau di berbagai kesempatan iklan rokok selalu menampilkan kejantanan seorang pria, namun rokok sendiri berperan terhadap menurunnya kejantanan itu. Impotensi merupakan bahaya merokok yang sering dituliskan, bahkan pada peringatan pemerintah terhadap bahaya merokok. Kenyataannya masih banyak laki-laki yang tidak segan-segan merokok sampai beberapa puluh batang sehari.

infokita.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar