Laman

Sabtu, 08 Desember 2012

MEMPERBAIKI CATRIDGE RUSAK ATAU ERROR

Kembali kepada kasus cartridge yang rusak, saya sendiri sudah sering melakukan berbagai cara untuk mencoba mengatasi atau memperbaiki cartridge yang sudah rusak ini. Baik dengan menguras tinta didalam cartridge, membersihkan dengan aneka cairan pembersih maupun mencoba dengan meresetnya, namun dalam kasus cartridge RUSAK,biasanya jarang bisa segera menemukan solusinya, setidaknya menurut pengalaman saya. 

Kembali kepada kasus cartridge yang rusak, saya sendiri sudah sering melakukan berbagai cara untuk mencoba mengatasi atau memperbaiki cartridge yang sudah rusak ini. Baik dengan menguras tinta didalam cartridge, membersihkan dengan aneka cairan pembersih maupun mencoba dengan meresetnya, namun dalam kasus cartridge RUSAK,biasanya jarang bisa segera menemukan solusinya, setidaknya menurut pengalaman saya.

Akhirnya setelah mencoba beberapa kali saya menemukan cara EXTREM dalam memeperbaiki catridge yang sudah benar-benar terdeteksi rusak. Adapun cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan dulu bagian Connector (dibelakang Cartridge) dengan pembersih halus, saya sendiri memakai cairan WD untuk membersihkan bagian Connector ini.
2. Siapkan Solder dengan panas sedang, usahakan memakai ujung solder (solder tip) yang runcing.
3. Agar tidak merusak bagian Conector, terutama karena hampir semua jenis Cartridge tipe ini menggunakan kable Fleksibel, maka saya mengolesi semua permukaan conector/bagian fleksible yang akan di treatment dengan FLUX atau cairan solder yang biasa dipakai untuk menyolder bagian2 kecil sebuah pcb/chip.
4. Sentuhlah/ panaskan dengan solder setiap connector di cartrdige, jangan terlalu panas/lama dan jangan sampai menyentuh bagian fleksiblenya.
5. Bila dijumpai bagian conector yang sudah aus, bisa memakai timah solder yang tipis untuk melapisi bagian conector tersebut…

Tringgggggggggggggggggg…… saya mencoba hal ini pada tiga printer/cartridge canon yang berbeda type. dan hasilnya ternyata diluar dugaan. semua cartridge yang tadinya sudah dianggap rusak dan harus diganti bisa dipergunakan lagi dan blinking karena cartridge terdeteksi rusak pun hilang….


ATAU

wah.. kalo printer canon saya juga sering jumpai hal seperti ini. Biasanya kalo pengalaman saya, lepas dulu dan bersihkan/keringkan semua cartridge dan printer. periksa juga conector catridge di printer mungkin ada yang berkarat atau tertutup tinta. cabut kabel power dan usb. biarkan dulu beberapa jam. coba test dulu (pinjam) pakai cartridge yg bener2 bagus. jangan lupa untuk canon tipe ip1700 kebawah hanya cocok dengan cartridge no.40/41. sedang printer ip1880-ip1980 bisa no.40/41 maupun 830/831. periksa juga mungkin power suply nya dah rusak… semoga membantu.


kanggudrill.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar