Laman

Senin, 13 Juni 2011

MEMBERSIHKAN KOMPUTER DARI DEBU

Apabila Anda telah meninggalkan komputer Anda dalam beberapa waktu yang lama, Anda mungkin akan mendapati komputer Anda dalam keadaan yang berdebu. Hal tersebut merupakan hal yang menyebalkan. Dan apabila dibiarkan, maka komputer Anda akan terkena resiko overheating.
Perlu Anda ketahui bahwa debu merupakan salah satu musuh utama komputer. Mereka dapat bersarang pada heat sink, jumper dan juga papan sirkuit. Dan mereka merupakan salah satu penyebab komputer mengalami overheating.

Membersihkan komputer dari debu bukan merupakan hal yang menyenangkan, namun hal tersebut dapat membantu untuk menjaga performa komputer. Debu bertindak seperti selimut yang membuat komputer Anda semakin hangat. Dan tidak memerlukan debu yang banyak untuk dapat mengacaukan sistem.


Debu yang memiliki ketebalan sebesar 0,005 milimeter dapat meningkatkan suhu komputer Anda sampai dengan 5 persen. Dan tentu saja, semakin banyak debu yang melapisi motherboard Anda, maka semakin buruk akibat yang dihasilkan oleh debu tersebut. Bagi Anda yang bertempat tinggal pada daerah yang berpotensi menghasilkan debu berlebih, maka Anda harus lebih sering memperhatikan kebersihan komputer, dan menjaganya dari kehadiran debu yang dapat merusak.

Untuk membersihkan debu, kita dapat menggunakan vacuum cleaner atau juga dengan cara membersihkannnya secara manual. Apabila kita menggunakan vacuum cleaner, tidak ada memerlukan perhatian khusus ketika membersihkannya. Cukup dengan menyedot habis debu-debu yang terlihat.

Namun apabila kita membersihkannya secara manual, contohnya adalah dengan cara membersihkannya menggunakan lap, maka memerlukan perhatian khusus ketika melakukannya. Lap yang digunakan harus benar-benar kering, agar komponen terhindar dari bahaya listrik statis. Dan, jangan pernah memegang langsung bagian komponen tembaga atau penghantar listrik lainnya secara langsung, dikarenakan alasan yang sama.

Selamat mencoba.

Sumber : islam-download.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar